Toyota Dirikan Pabrik Baru di Meksiko

Mexico City, KompasOtomotif -  Raksasa otomotif Jepang, Toyota, akan membangun pabrik perakitan baru di Meksiko. Langkah ini dilakukan untuk mengikuti rintisan beberapa produsen besar dunia yang menanamkan investasi di Negeri Sombrero tersebut.

Seperti diberitakan Bloomberg, Kamis (11/9/2014), Toyota masih belum memberikan konfirmasi terkait rencana ini. Tapi sumber terdekat mengatakan, Toyota masih mecari lokasi yang cocok untuk pembangunan pabrik, dan sudah melakukan pembicaraan awal dengan pejabat terkait Meksiko.

Negosiasi bisa dikatakan masih berada pada tahap awal. Beberapa wilayah Meksiko masuk dalam rencana tersebut. Sejauh ini juga belum disebutkan produk apa saja yang akan dirakit di pabrik baru tersebut.

Jika terus bergerak maju, maka situasi ekonomi di negara yang dipimpin Enrique Pena Nieto itu akan semakin segar. Sejak Juni lalu, Kia, BMW, dan perusahaan patungan Daimler-Nissan sudah mengumumkan rencana untuk mendirikan pabrik. Bila digabungkan, investasi ketiganya mencapai angka 3 miliar dollar AS.

Saat ini Toyota belum menjalankan operasi secara penuh di Meksiko, dengan hanya memiliki satu pabrik kecil di Tijuana, yang merakit pikap Tacoma. Selain itu Toyota juga memanfaatkan pabrik Mazda di Guanajuato dengan kapasitas 50.000 unit per tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar