Mahindra Jajaki Aliansi dengan PSA Peugeot-Citroen

Mumbai, KompasOtomotif - Setelah Jaguar Land Rover berhasil diakuisisi Tata Motors, kini ada satu lagi perusahaan otomotif asal India yang berniat menjadi pemain global. Adalah Mahindra & Mahindra (M&M) yang sudah berhasil mengakuisisi Ssangyong Motor dari Korea Selatan. Kini, M&M dikabarkan tengah menjajaki kerjasama dengan beberapa prinsipal asing lain, seperti Saab asal Swedia dan PSA Peugeot-Citroen dari Perancis.

Menurut sumber yang mengetahui rencana ini, M&M berencana menumpang kesuksesan Ssangyong di Rusia, karena menjadi pasar ekspor terbesar merek Korsel itu. Di China, Ssangyong baru mulai berbisnis dan M&M akan menunggu ikut masuk pasar ketika kondisi sudah mulai stabil. Di Chili, M&M dan Ssangyong sepakat untuk saling bergerak independen dan sengaja tetap dibiarkan sesuai kesepakatan awal.

Direktur Eksekutif M&M Pawan Goenka dilansir ETauto.com, Senin (8/9/2014) mengatakan, kedua merek (M&M dan Ssangyong) sudah cukup sukses di Afrika, kini giliran perusahaan lebih serius mencari cara masuk ke pasar Eropa.

"Beberapa tahun lalu, sebelum kami mengambil alih Ssangyong, merek itu sangat kuat di Eropa. Tapi kemudian kehilangan kekuatannya karena krisis keuangan. Sekarang sudah masa pemulihan kembali," beber Goenka.

Selain itu, di beberapa pasar lain seperti Amerika Serikat, Ssangyong mengaku sudah memperoleh beberapa ketertarikan dan butuh dipersiapkan strateginya.

M&M dan Ssangyong tetap menjadi merek terpisah dan akan dibahas dengan hati-hati. Secara terpisah keduanya juga akan memanfaatkan sinergi ini. Kedua perusahaan saat ini tengah melakukan kordinasi penyatuan merek secara global, diharapkan selesai dalam empat hingga enam bulan mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar